KALAU SAYA ORANG DKI, SAYA DUKUNG AGUS HARIMURTI

Sharing is caring!

Indonesia itu perlu regenerasi. Butuh pergeseran kepemimpinan dari yang tua-tua kepada yang lebih muda. Secepat-cepatnya kalau bisa. Tantangan yang kita hadapi sebagai bangsa sudah tak bisa lagi dipecahkan oleh orang-orang tua. Maka, jika saya warga DKI, saya pribadi akan dukung Agus Harimurti (AH) yang baru menginjak umur 38 tahun. Lebih mudah rata-rata 10 tahun dari calon gubernur DKI lainnya.

Hihii, tapi ini tidak berarti saya itu anti Ahok Lho! Dan jangan menuduh saya anti china, yaa. Saya ga ada urusan dengan asal-usul nenek moyang mereka. Mau china, mau arab, mau melayu terserah!

Bukan, bukan masalah itu! Saya hanya percaya bahwa orang yang lebih muda akan memberi manfaat lebih besar bagi perjalanan bangsa ini di masa yang akan datang. Yakin banget!

Ahok ok! Dia pemimpin yang unik dan banyak membawa pengaruh positif dalam tradisi kepemimpinan di Indonesia. Gayanya yang keras, berani dan ceplas-ceplos itu keren. Tapi saya tak melihat ia mampu melakukan gerakan regenerasi. Pengusahanya, birokratnya masih pengusaha dan birokrat yang lama.

Ahok tak bisa lakukan itu karena selain ia sudah tak bisa lagi dibilang generasi kekiniian, ia juga tipe pemimpin yang single fighter. Ia loncat dari partai satu ke partai yang lain, dari jabatan satu ke jabatan yang lain. Ia tak punya basis organisasi sosial politik yang tetap. Dengan demikian ia tak punya lingkungan sosial yang bisa jadi instrumen sekaligus target untuk melakukan regenerasi. Kayaknya susah untuk menjawab, siapa kader muda hasil didikan Ahok.

Nah, kalau Agus Harimurti mungkin punya potensi yang lebih baik untuk melakukan regenerasi. Potensi lho ya. Bukan bukti. Alasannya, umurnya masih muda. Isi kepalanya bisa jadi juga kekinian. Ia juga punya lingkungan sosial yang agak permanen, yaitu di militer. Lalu sekarang ia punya basis sosial-politik baru di sebuah Partai yang didominasi dan dihegemoni oleh ayahnya, Presiden SBY. Hal itu berarti ia punya instrument sekaligus target untuk melakukan regenerasi. Ia bisa meminta sumbangsih pemikiran kawan-kawan mudanya di lingkungan militer, ia bisa mendorong orang-orang muda di Partai Demokrat nantinya. Dan jika kelak terpilih, kemungkinan untuk membentuk lingkungan birokrat dan pengusaha yang berasal dari kalangan yang lebih muda akan lebih besar ketimbang kandidat yang lain. Begitu argumen saya!

Saya tak terlalu percaya Jakarta lalu maju melesat ketika dipimpin oleh AH. Tampaknya AH tak mungkin bertindak revolusioner seperti Khadafi, seorang Kolonel muda yang jadi Presiden Libya, atau Hitler di Jerman yang pangkatnya hanya Kopral tapi mampu membius jutaan rakyat Jerman. Gak mungkin kayaknya!

AH hanyalah seorang anggota militer yang lebih banyak belajar ketimbang berperang. Ia juga belum banyak punya pengalaman leadership. Karena berkarir di militer, jiwa followership cenderung lebih dominan. Selain itu Ia juga tak punya track record sebagai pemuda pendobrak. Mau dobrak apa dengan pangkat yang masih rendah, hihii.

Tapi dengan citra rasa LEBIH MUDA yang ia miliki, lalu ditambah dengan citra baru, sebagai seorang anak muda yang “lebih berani” meninggalkan pekerjaannya yang sangat menjanjikan, saya berpendapat AH lebih memberi harapan baru buat kami-kami yang muda, berbakat, tapi HANYA BISA menjadi penonton dari aneka akrobat politik yang dimainkan oleh elit-elit Jakarta ini.

Masalah peluang kemenangan AH, lain kali kita bahas. Tapi kemenangan AH akan sangat tergantung pada seberapa banyak orang yang memilih pasangan Anies-Sandiaga, hihii.

Gimana menurut Kisanak?

_______________________

SHARE JIKA BERMANFAAAT
_______________________

Bungben, Koordinator Forum Diskusi Era Baru
Pontianak, 26 September 2016

Views All Time
356
Views Today
1

One thought on “KALAU SAYA ORANG DKI, SAYA DUKUNG AGUS HARIMURTI

  • October 3, 2016 at 9:35 am
    Permalink

    Maaf. Saya tidak setuju degan kisanak…. Menurut saya agus itu masih kecil. Pengalammanya masih belum ada, jiwa kepemimpinannya belum nampak ,ilmunya masih diragukan,,,, kalau saya amati agus ini dijadika uji coba oleh ayahnya alias antek antek demokrat…nampaknya ayah masih haus kekuasaan….malu malu aaah…. Dari TIGA CALON DKI INI saya lebih tertarik degan anis dan uno. Anya satu aja yg membuat saya tertarik ama beliau ni anis itu berpengalaman, menguasai ilmu pendidikan, kalau uno juga seorang pengusaha muda…. Semoga uno bisa menransfer ilmunya nanti…. Dan tumbuhhhhhhhh pengusaha muda baru untuk masadepan bangsa ini. Itu pendapat saya jgn ikut ikutan yaaaaaaa

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *